Rabu, 05 September 2012

sekilas tentang kota kelahiranku

Palembang, tidak banyak orang yang tau dimana kota ini berada. Pertama kali tiba di Jogja sebagai mahasiswa baru, kebanyakan orang yang mendengar kata Palembang akan bertanya ke aku "itu di daerah mana ya?". Palembang adalah ibu kota yang ada di salah satu pulau besar di Indonesia. Tahu Pulau Sumatera kan ?? Nah, Palembang adalah ibukota dari salah satu provinsi di dalamnya yaitu Sumatera Selatan. Secara geografis, Palembang terletak di 2°59′27.99″LS 104°45′24.24″BT eits jangan kaget, kok aku tahu banget,hehehe..ini nih sumbernya klik disini tadinya mau copas dari dinpar Palembang tapi lagi under construction. Nah sekarang sudah pada tahu kan, jadi jangan bingung lagi ya kalo ada yang nanya,hehehe..

Kali ini aku akan mengeposkan beberapa gambar yang di ambil ketika libur lebaran 2012. Bersama salah seorang sepupu, aku pergi ke pasar tradisional yang terletak di pinggir Sungai Musi. Capek berkeliling pasar, akhirnya kami putuskan untuk pulang namun sebelum itu untungnya aku masih sempat mengambil beberapa gambar. Pasar 16, nama pasar yang kami kunjungi terletak berdekatan dengan Jembatan Ampera yang menjadi ikon kota Palembang. Keduanya terletak di depan sebuah air mancur yang menjadi titik nol kilometernya Palembang. Selain itu, di titik ini kita juga dapat melihat salah satu masjid tertua disini yaitu Masjid Agung Palembang yang sempat direnovasi ulang pada tahun 2000an. Here they   are ;
titik nol kilometer Palembang berlatar Jembatan Ampera
titik nol kilometer Palembang berlatar Masjid Agung
pengaruh Sriwijaya tampak di salah satu bagian Masjid Agung
nah loh ini di Palembang apa di London yaaa ?? :D
Kota dengan slogan BARI (Bersih, Aman, Rapi, Indah) ini sudah tidak asing lagi bagiku. Lahir dan tumbuh disana ternyata tidak menjamin seseorang paham dan mengerti akan seluk beluk kotanya, contohnya ya aku sendiri *jangan ditiru ya >.< Semua anggota keluargaku lahir dan tumbuh di kota ini, kecuali bapak yang sedari lahir hingga SMK di Semarang, Jawa Tengah. Walaupun begitu, masih sangat banyak pengetahuan mengenai Palembang yang harus aku pelajari sehingga aku bisa bercerita lebih banyak dan dapat memperkenalkan kepada teman-teman yang lain. 

Setelah merayakan ulang tahun ke tujuh belas, akhirnya pilihan membawaku ke kota Pelajar hingga saat ini. Tiga tahun hidup di kota orang membuatku makin mencintai kota kelahiranku ini, setiap mudik aku pasti menyempatkan diri untuk mengunjungi tempat menarik di Palembang yang kini semakin menjamur. Setiap kali pulang ke kota ini aku merasa menjadi orang asing di tanah sendiri, bagaimana tidak karena selalu ada perubahan dimana-mana. Makin banyak pertokoan, bangunan mewah dimana-mana, hingga lifestyle yang menurutku 'mewah'. Entahlah ini positif atau negatif bagi pertumbuhan daerah dan masyarakatnya. Apapun yang terjadi dengan kota ini, akan tetap membuatku selalu rindu akan keluarga, teman, dan sahabat yang selama ini mengukir cerita dalam ingatan. Apalagi makanannya, akan selalu membuatku rindu,hehehe.. Oiya tunggu posting selanjutnya tentang kuliner khas Palembang ya dan tunggu juga posting lainnya tentang tempat menarik di Palembang ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar