Sabtu, 08 September 2012

makanan ala Palembang #bagian 1

Pempek Adaan dan Pempek Kulit Rp 1.000,-/buah
Pempek. Siapa yang belum tahu sama makanan yang satu ini ??? Setiap orang yang tahu Palembang pasti mengenal makanan khasnya adalah pempek. Pempek terbuat dari adonan sagu dan ikan tenggiri giling (bisa juga ikan lain tapi tertentu) yang ditambah garam secukupnya. Adonan yang telah jadi kemudian di bentuk sesuai macam dan di rebus. Pempek yang dibentuk memanjang tanpa isi namanya Pempek Lenjer, Pempek Kerupuk di cetak dengan alat khusus sehingga berbentuk seperti cacing yang kemudian di ambil segenggam dan dibentuk bulat-bulat. Adapula pempek dengan berbagai macam isi antara lain Pempek Telur (disebut kapal selam kalo yang ukuran besar), Pempek Tahu, Pempek Kates (pepaya muda), Pempek Udang. Nah adalagi pempek dengan jenis yang berbeda, adonan di tambah dengan santan namanya Pempek Adaan seperti yang di gambar, kalo yang warnanya kecoklatan namanya Pempek Kulit karena terbuat dari adonan yang di campur dengan kulit ikan. Satu lagi yang penting dan jangan sampai ketinggalan adalah cuko sebagai pasangan wajib pempek supaya lebih nikmat. Cuko adalah semacam kuah terbuat dari bawang putih dan cabe rawit hijau yang dihaluskan, kemudian direbus bersama gula merah batok yang telah dimasak bersama air. Cara makannya cukup dengan cara celupkan pempek ke cuko atau bisa juga rendam pempek ke dalam cuko, sesuai selera anda. Gimana tertarik mencoba berbagai macamnya pempek ? Langsung datang ke Palembang deh, karena dikota lain walaupun ada yang jual pempek cita rasanya beda dan tidak semua jenis tersedia.

Model Ikan isi tahu Rp 5.000,-
Model Ikan. Di dunia interlokal, makanan yang satu ini kalah populernya dengan pempek. Tapi jangan ditanya kalo di Palembang, ini menu favorit apalagi kalo cuaca dingin, hmm..makanan ini sangat cocok di santap selagi panas. Model sebenarnya adalah makanan modifikasi dari pempek. Kenapa dibilang modifikasi ? karena adonan model hampir sama dengan pempek, hanya dibuat sedikit agak sedikit lebih keras. Dikelompokan berdasarkan isi, model ada dua macam yaitu model tahu dan model telurSetelah adonan di rebus, model ditiriskan lalu potong-potong, kemudian di tambahkan kuah yang gurih terdiri dari bawang putih dan merica. Sekilas model tampak seperti bakso, ditambahkan mihun sebagai pengganti mie jika pada bakso. Pelengkap lainnya adalah potongan daun sop dan bawang goreng, tambahkan kecap dan sambal cabe rawit hijau. Hmmm...Maknyuuuuuus so jangan ragu untuk mencicipi juga menu ini jika berkunjung ke Palembang ya ;)

Model Gandum Rp 4.000,-
Model Gandum. Nah kalo yang satu ini sama seperti model ikan, tapi sesuai namanya maka model yang satu ini terbuat dari gandum bukan ikan. Adonan model gandum sama seperti membuat roti namun tidak dibuat selembut itu. Setelah adonan mengembang, satu per satu di goreng. Penyajiannya sama persis dengan model ikan tapi model yang satu ini lebih crispy ketika di gigit karena menggorengnya sengaja dibuat garing. Walaupun bukan terbuat dari ikan, makanan yang satu ini gak kalah enaknya loh dan hanya dapat ditemui di Palembang dan sekitarnya.

Masih banyak lagi makanan khas Palembang, tunggu posting selanjutnya ya :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar